Manfaat Seks Bagi Kesehatan

Seks memang kebutuhan dasar manusia. Ibarat sayur tanpa garam, pernikahan tanpa adanya seks, maka kehidupan Anda dan pasangan pasti sangatlah hambar.
Melakukan hubungan seksual secara teratur memiliki pengaruh yang luar biasa untuk kesehatan. Karena, hasil dari penelitian, seks ternyata sangat baik bagi kesehatan, dimana dalam hal ini bagi pasangan suami istri. Salah satu dari hasil penelitian itu bahwa satu kali berhubungan seks, manusia menghabiskan 2.000-2.500 kalori. Itu sama saja dengan main badminton 2 set penuh.

Menurut seorang psikolog di California, Joy Davidson,Phd, seperti yang saya kutip di inilah.com, sedikitnya ada 10 manfaat yang diperoleh dari hubungan seks yang dilakukan suami-istri, yaitu:

1. Mengurangi Stres
Berdasarkan penelitian yang dilakukan School of Social Sciences, University of Paisley, Scotlandia, yang diterbitkan oleh Biological Psychology, ditemukan hubungan antara aktivitas seks dan potensi penurunan tekanan darah serta pengurangan frekuensi stres pada manusia.
Penelitian ini melibatkan 46 responden yang secara berkelanjutan merekam aktivitas seksual mereka. Hasil pada responden yang melakukan ML, merespon lebih baik terhadap stres dibandingkan responden yang tidak melakukan ML.
Penelitian lain yang diterbitkan di jurnal yang sama mengemukakan mengenai kaitan antara frekuensi ML dan penurunan tekanan darah diastolik.


2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Berdasarkan penelitian universitas di Wilkes-Barre, Pa. IgA, ML sebanyak 1-2 kali dalam sepekan berkaitan dengan tingginya kadar antibodi yang disebut dengan Imunoglobulin A (IgA). Peran antibodi tersebut dapat melindungi tubuh manusia secara alami dari ancaman influenza dan infeksi lainnya.

3. Membakar Kalori
Ketua American Association of Sexuality Educators and Therapists, Patti Britton, PhD, mengemukakan, "Seks adalah latihan yang sangat baik." Karena sedikitnya sekitar 85 kilo kalori dapat terbakar dengan aktivitas seks selama 30 menit.
Untuk mewujudkan aktivitas seks sesuai harapan, dibutuhkan kerja sama yang baik dari segi fisik dan psikologis dari masing-masing pihak.


4. Memperbaiki Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Journal of Epidemiology and Community Health, didapatkan bahwa ML dua kali atau lebih dalam seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung pada separuh pria. Itu bila dibandingkan dengan mereka yang melakukan ML kurang dari satu kali per bulan.

5.Membangun Kepercayaan Diri
Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Archives of Sexual Behavior, 'Membangun Kepercayaan Diri’ merupakan satu dari 237 alasan seseorang melakukan ML.
Lebih lanjut Gina Ogden, PhD, seorang terapis seksual dari Cambridge mengemukakan "ML yang baik dimulai dengan kepercayaan diri. Apabila hubungan seksual tersebut diikuti dengan cinta, apa yang Anda inginkan, dan komitmen, maka kepercayaan diri Anda akan bertambah."

6.Meningkatkan Keintiman Pasangan
Ketika seseorang mengalami orgasme, maka kadar hormon oksitosin meningkat. Hormon itu lebih dikenal dengan 'hormon cinta'. Oksitosin dapat menimbulkan ikatan hubungan serta jalinan kasih yang lebih kuat. Penelitian mengenai oksitosin itu dilakukan universitas di Pittsburg dan Carolina Utara yang mengevaluasi 59 wanita premenopause sebelum dan sesudah melakukan pelukan erat dengan suami mereka. Para peneliti menemukan bahwa semakin banyak kontak erat, semakin tinggi oksitosin.

7. Mengurangi Nyeri
Seperti layaknya peningkatan jumlah hormon oksitosin, selama ML hormon endorfin pun ikut meningkat. Semakin tinggi kadar endorfin, maka akan semakin mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada tubuh seseorang. Jika Anda mengalami sakit kepala, nyeri radang sendi dan semuanya bakal membaik setelah ML. Berterimakasihlah terhadap hormon-hormon ini.

8. Mengurangi Risiko Kanker Prostat
Ejakulasi yang tidak sedikit dan tidak berlebihan terutama pada pria usia 20-an dapat mengurangi risiko kanker prostat.

9. Mengencangkan Otot Dasar Panggul
Khusus bagi kaum perempuan, melakukan latihan untuk menguatkan otot dasar panggul (latihan Kegel) selama ML dapat memberikan banyak keuntungan.
Para wanita akan merasakan tambahan kenikmatan sekaligus menguatkan otot dasar panggul dan mengurangi risiko beser pada saat tua nanti. Dan pada pria, latihan kegel ini dapat memperlama ereksi dan mengurangi frekuensi terjadinya ejakulasi dini.

10.Kualitas Tidur Lebih Baik
Oksitosin yang dilepaskan sewaktu orgasme juga dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Dan dapat digarisbawahi bahwa kualitas tidur yang baik berarti peningkatan kualitas hidup lebih baik lagi.
Ref: inilah.com
  • Jangan Lupa klik Tombol Suka ya..!!

Artikel Percintaan Menarik Lainnya